Pembagian Waqof dilihat dari jenisnya

Jenis Waqof itu ada 6, yaitu :

1. Waqof Tam (وقف تام)

2. Waqof Kafi (وقف كافي)

3. Waqof Hasan (وقف حسن)

4. Waqof Qobikh (وقف قبيخ)

5. Waqof pada akhir ayat

6. Waqof Jibril

1. Waqof Tam (وقف تام)

Waqof Tam yaitu waqof pada akhir kalam yang sudah sempurna, artinya tidak ada hubungan dengan kalam berikutnya, baik dari segi lafadz maupun makna. Jadi apabila kita melakukan Waqof Tam, maka kita boleh melanjutkan kalimat berikutnya tanpa mengulang kalam yang telah dihentikan. Waqof Tam ini biasanya terdapat pada :

1).xx

2). xx

2. Waqof Kafi (وقف كافي)

Waqof Kafi yaitu berhenti pada akhir kalam yang sudah sempurna lafadznya, akan tetapi masih ada hubungan maknanya, jika berhenti tidak perlu mengulang kalimat yang telah dihentikan. Waqof Kafi ini biasanya terdapat pada :

1). xx

2). xx

3). xx

3. Waqof Hasan (وقف حسن)

Wqof Hasan yaitu berhenti pada akhir kalam yang sudah bisa difahami artinya, akan tetapi masih ada hubungan dengan kalam berikutnya, baik lafadz maupun makna.

Pada Waqof Hasan ini sudah boleh waqof, sebab kalamnya sudah bisa difahami maknanya, akan tetapi jika ibtidaknya (jika akan memulai kalam berikutnya) harus mengulang atau muroja’ah dengan kalam yang telah diwaqofkan, kecuali jika ketepatan pada akhir ayat.

4. Waqof Qobikh (وقف قبيخ)

Waqof Qobikh yaitu waqof pada kalam yang belum sempurna baik dari segi lafadz maupun makna, sehingga tidak bisa difahami. Berhenti pada kalam seperti ini tidak boleh, kecuali jika terpaksa. Seperti kehabisan nafas atau karena suatu hal yang memaksa harus berhenti, tetapi jika akan meneruskan harus mengulang agar tidak sampai merusak arti, umpama membaca fi’il belum membaca fa’ilnya sudah diwaqofkan, seperti ; () waqof, baru membaca (). membaca mubtadak belum membaca khobarnya, seperti ; () waqof, kemudian diteruskan (), membaca mudhof belum membaca mudhof ilaihnya, sepeerti ; () waqof kemudian meneruskan () dan sebagainya.

Begitu pula pada Fi’il Syarat, Amar, Nahi, Tamanni, Istifham, Qosam tidak menyertakan jawabnya sama sekali, seperti membaca Firman Allah SWT. :

xxx

5. Waqof pada akhir ayat

6. Waqof Jibril

Komentar
  1. saila rizkiyah mengatakan:

    kalo bisa d berikan contohx sekaligus, biar mudah d fahami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s